Marketing Strategy dari
STP ke 3C
Pemasaran merupakan
suatu hal yang sangat penting
bagi produk yang siap dijalankan
pada pasar. Berbagai strategi pemasaran pun diterapkan oleh perusahaan dalam rangka menarik minat pembeli dan juga mempertahankan pelanggan di tengah daya saing yang semakin besar.
Kali ini, kami akan membahas suatu strategi pemasaran STP (Segmentasi, Targeting, dan Positioning) menuju 3C
(Communization, Confirming, Clarification).
Deksripsi Produk
Nama Produk : Susu ZEE
Jenis Produk : Minuman Kemasan
Tagline : Penuhi Nutrisimu, Segarkan Harimu !
Deksripsi advertisement :
Segmentation
Segmentation adalah upaya memetakan atau pasar dengan memilah-milahkan konsumen sesuai persamaan di antara mereka.
1.
Segmentasi
Geografis
Pada segmentasi
geografis, pasar dibagi menurut tempat (wilayah, ukuran daerah, ukuran kota, dan kepadatan iklim). Produk Susu ZEE sangat sesuai dengan seluruh iklim di dunia terutama di indonesia. Indonesia memiliki iklim tropis,
dimana saat musim kemarau sangat cocok untuk kita minum ultra milk yang dihidangkan dingin dan saat musim hujan dihidangkan biasa.
2.
Segmentasi
Demografis
Karakteristik demografis
yang paling sering digunakan adalah usia, gender, status perkawinan, pendapatan,
pendidikan, pekerjaan, dll. Produk Susu ZEE ini ditujukan kepada remaja usia 15 hingga 20 tahun dengan segudang aktivitas indoor ataupun outdoor untuk menambah energi mereka dalam beraktifitas.
3.
Segmentasi
Psikologis
Karakteristik psikologis
merujuk ke sifat-sifat diri atau hakiki konsumen perorangan.
4.
.Segmentasi
Psikografis.
Segmentasi psikografis
ini meliputi kelas sosial, gaya hidup, kepribadian, persepsi, serta sikap. Produk ultra milk ini ditujukan kepada semua kelas sosial baik kelas menengah ke bawah maupun kelas menengah ke atas karena harganyapun juga sangat terjangkau.
5.
Segmentasi
Sosial Budaya
Berbagai variabel sosiologis (kelompok) dan antropologis (budaya) yaitu variabel sosial budaya.
6.
Segmentasi
Terkait Pemakaian
Bentuk segmentasi
ini menggolongkan konsumen menurut karakteristik produk, jasa, atau pemakaian merek, seperti tingkat pemakaian.
7.
Segmentasi
Situasi Pemakaian
Para pemasar memfokuskan
pada situasi pemakaian
8.
Segmentasi
Manfaat
Berubahnya gaya hidup memainkan peran utama dalam menentukan manfaat produk yang penting bagi konsumen.
Communization
Terbentuknya suatu komunitas secara horizontal ( dilakukan oleh orang yang setara, bukan perusahaan). Dalam komunitas ini, terdapat kesamaan interest atau values antar-anggota komunitas. Komunitas dapat dilakukan dengan mendengarkan, membicarakan, memperkerjakan,
dan membantu.
Produk susu ZEE ini lebih
diutamakan pada komunitas kalangan
remaja, dimana produk susu ZEE ini di produksi berdasarkan kebutuhan stamina
pada kalangan remaja.
Targeting
Targeting adalah proses memilih target market yang tepat bagi produk dan jasa perusahaan. Produk Susu ZEE yaitu susu cair
yang dapat dikonsumsi baik oleh laki-laki maupun perempuan. Berdasarkan usia,
Sebagian besar jumlah usia responden
menunjukkan keterkaitan usia dengan penduduk yang masih sering beraktifitas.
Kelompok usia yang menjadi target adalah kelompok usia 15-20 tahun. Hal ini
menandakan bahwa sebagian besar konsumen Susu ZEE terdiri dari orang-orang yang
masih sering beraktivitas yang memerlukan tambahan gizi untuk nutrisi otak dan
daya tahan tubuh. Hal ini menunjukan bahwa Target market produk susu ZEE adalah
remaja kalangan menengah kebawah maupun menengah keatas yang sering
beraktivitas sehingga membutuhkan tambahan gizi yang cukup.
Kami akan menargetkan
produk tersebut kepada konsumen baik dari kalangan anak-anak,remaja. Di sini
kita akan membuat produk tersebut dalam beberapa bentuk kemasan. Ada yang
berukuran kecil,sedang, dan besar. Setiap produk memiliki variasi rasa yang
berbeda-beda, Seperti cokelat,vanilla,dan strawberry. Setiap variasi di
produksi untuk memuaskan konsumen yang mengosumsinya. Tujuannya agar konsumen
tidak bosan dengan rasa dan tidak beralih ke produk lain.
Confirming
Confirming dilakukan setelah mengidentifikasi sejumlah komunitas yang akan dijoin. Kemudian komunitas akan memberi keputusan apakah anggota baru dapat diterima atau tidak.
Positioning
Positioning adalah upaya menempatkan
produk di benak pelanggan. Dengan tagline penuhi nutrisimu segarkan harimu, susu ZEE dikenal sebagai minuman kemasan penambah nutrisi yang praktis untuk dikonsumsi , selain itu produk ini gampang ditemukan di berbagai toko di seluruh Indonesia dengan harga yang terjangkau. Susu ZEE memperkuat pemasaran di Indonesia dengan menerapkan strategi touch point atau sentuhan langsung dengan mengadakan acara games atau sebagai sponsor dari suatu acara yang diadakan di lapangan terbuka.
Clarifying
Clarifying adalah upaya yang lebih tajam dan sifatnya kontinyu, berfungsi memperjelas pesona atau karakter perusahaan kepada komunitas yang telah diconfirm sebelumnya. Persepsi yang diinginkan dalam benak pelanggan
adalah fakta, bukan dengan slogan belaka.
Susu segar berkualitas tinggi mengandung manfaat alami dan seimbang dari
protein, karbohidrat, vitamin, mineral seperti Kalsium, Magnesium, Fosfor, dan
dicampur dengan gula dan bahan baku lainnya seperti bubuk coklat, sari buah
strowbery atau bubuk kopi,sehingga menjadikan susu sebagai minuman yang
lengkap.Susu kemasan yang segar dan dengan manfaat alami ini nembantu proses
pertumbuhan remaja karena dilengkapi dengan nutrisi. Susu ini nenjadi perhatian
remaja, bisa diliat dari antusiasme para remaja saat diadakannya games dan
kompetisi basket di SMA ysng disponsori oleh susu ZEE, ini berarti bahwa susu ini sangat menarik
perhatian dengan kesegarannya yang sangat cocok diminun dalam hidangan yang
dingin saat cuaca d lapangan mulai terik dan remaja masih mengikuti games dan
konpetisi.
Gambar Produk Susu ZEE
Sumber:
Kelompok 4 :
Nama :
Feri Ash Shiddiq
Hasnah Latifah
Maulidia Aulia
Rahmi Rajuna
Rendika Candra
Wiwiek Rizka Putri
Tidak ada komentar:
Posting Komentar